Print Out Tidak Sama Dengan Print Preview

Posted by Iqbal IDesainer

Print Preview Print Out
Pernah mengalami hal seperti di atas? Klo saya sering banget, baik terjadi di rumah maupun di kantor, hampir di semua merek Printer. Di rumah kebetulan ada printer Canon (type Top Loading) dan HP (type Bottom Loading – All in One termasuk Scanner) dan di Kantor ada printer Merk Epson. Masalahnya sama dan biasanya hanya berlaku untuk Kertas ukuran A4 (sepanjang yang saya alami), “HASIL PRINT OUT TIDAK SAMA DENGAN PRINT PREVIEW”. Sewaktu kita Print Preview kayaknya udah pas banget Lay Outnya dari sisi Margin Kiri, Atas, Kanan dan Bawah. Tapi… pas udah dicetak lumayan melenceng hasilnya, terutama Margin Kanan dan Bawah, jadi lega banget kayaknya.

Penyebabnya saya juga belum mengerti, makanya yang bisa dilakukan mengantisipasi tampilan yang ngga enak dipandang aja setelah di cetak.  Tapi klo analisa saya sih kemungkinan terbesarnya sih pada kesalahan handling sewaktu ada Paper Jam / Kertas nyangkut di printer. Biasanya, kebanyakan dari kita termasuk saya, jarang banget iseng baca buku manual cara handling ketika terjadi paper jam misalnya. Alhasil, ketika terjadi kertas nyangkut ya tidak sesuai prosedur handlingnya. Cukup buka cover, langsung “dudut”/tarik aja tuh kertas yang nyangkut dari printer. Ini mungkin yang menyebabkan si Printer tadi udah ngga Home Position lagi. Hanya analisa dini saja, klo sobat blogger ada yang punya pengalaman serupa di sharing juga ya…
Kembali ke masalah di atas, ada beberapa action yang pernah saya lakukan agar tampilan setelah print out sesuai harapan :
Pertama, INSTALL ULANG SOFWARE dan DRIVER PRINTER. Hal ini pernah saya lakukan tapi tidak manjur dalam artian ngga semuanya bias, di laptop hasilnya tetep melenceng tapi di desktop mendekati. Akhirnya saking penasarannya saya saya install ulang OS di laptop, hasilnya saya rasa sesuai harapan… Tapi itu tidak berlangsung lama, karena mungkin kesalahan handling lagi, akhirnya print outnya melenceng lagi. Ngga mungkin doong install ulang lagi OS, bukan solusi terbaik soalnya.
Kedua, MEMAKSAKAN DENGAN UKURAN KERTAS LEGAL DAN MARGIN YANG ANEH. Cara lainnya kita maksain biar tampilan di kertas OK adalah dengan Merubah ukuran kertas (Page SetUp di Software yang digunakan, missal Office Excel), biasanya saya memeilih ukuran “Legal” untuk Print Out dikertas A4 dengan catatan marginnya yang harus kita setting aneh, untuk landscape misalnya margin Kiri kita sett 0.5, margin atas 1, margin kanan 2.5 dan margin bawah 0.5 Sepanjang pengalaman sih hasil cetakan di A4 lumayan simetris / tidak melenceng. Tapi jangan berharap untuk print previewnya terlihat pas, dengan margin yang lumayan beda pasti tampilannya pada saat print preview juga ngga enak dipandang, yang terpenting kan hasilnya… Cara ini masih banyak dipke oleh sebagian temen-temen kantor. Kelemahannya pas mau ngeprint di printer yang OK harus setting ulang lay-outnya lagi… C D… :D
Ketiga, MEMANIPULASI UKURAN KERTAS PADA SYSTEM. Cara ini belum lama saya coba, waktu itu juga nemunya pas iseng-iseng / trial error aja. Tapi menurut saya ini lebih efektif ketimbang cara yang kedua, soalnya tidak perlu merubah ukuran kertas dan margin, karena ukurannya sama persis hanya dimanipulsi dikit. Baru 1 atau 2 orang yang pernah saya share, sekarang saya mau share ke sobat blogger semua, karena udah lumayan lama saya pke cara ini dan ngga begitu ada kendala. Mudah-mudahan bermanfa’at.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
Klik START kemudian klik Device and Printer
Print Out Tidak Sama dengan Print Preview (1)
Cari Printer yang bermasalah dengan print out, Klik kanan, Printing Preference
Print Out Tidak Sama dengan Print Preview (2)
Klik Tab Advance, Pilih User Define, hal ini dimaksudkan kita akan membuat ukuran kertas sesuai kemauan kita.
Print Out Tidak Sama dengan Print Preview (3)
Beri nama ukuran kertas yang mau kita buat, dalam hal ini saya kasih sample A4-BackUp dan Rubah semua ukuran lebar dan tinggi sama persis dengan ukuran A4 standard. Yang membedakan disini hanya namanya saja, A4-BackUp, kemudian Save.
Print Out Tidak Sama dengan Print Preview (4)
Print Out Tidak Sama dengan Print Preview (6)
Selesai. Untuk selanjutnya ukuran yang tadi bisa sobat gunakan pada saat printing, tidak merubah lay-out dlsb.
Gambar di atas adalah tampilan di windows 7, untuk XP saya kira tidak terlalu jauh, tinggal masuk ke Control Panel saja trus cari Printer, kemudian klik kanan properties pada printer dimaksud.


Posting Komentar

Cari Artikel di Label Blog Ini

Anime (8) Anti Virus (30) Ayo Dance (12) Browser (25) Food (7) Games (56) Hacker (14) Knowledge (484) Media Player (18) Misteri (78) Ninja Saga (41) Other (126) Pendidikan (129) Point Blank (334) Serba 7 (58) Sofware (157) Tips (179) Tips Blog (44) Tips Komputer (27)