Ulasan Mac OS X 10.7 Codename Lion

Posted by Iqbal IDesainer


MacOs X 10.7 codename Lion adalah sistem operasi terbaru dari apple yang diumumkan Oktober 2010 lalu. Sistem operasi yang masih dalam tahap developer review saat ini, banyak mengalami perubahan mendasar dalam hal user interface. Terinspirasi oleh kesuksesan sistem operasi yang dibenamkan kedalam iPhone dan iPad, iOS, Apple memasukan banyak unsur-unsur iOS kedalam LION. Hal yang menarik adalah usaha Apple dalam menyatukan pengalaman menggunakan iOS kedalam sistem operasi ke-8 ini. Pengalaman menggunakan iPAD memang menyenangkan, cepat, dan yang terpenting adalah user interface yang dibuat oleh Apple dalam iOS sangat mudah digunakan bahkan oleh anak kecil sekalipun. Kemudahan-kemudahan inilah yang memberikan ide bagi Apple untuk memasukan banyak unsur iOS ke dalam sistem operasi terbarunya ini.

Berikut beberapa fitur menarik dalam Mac OS X 10.7 Codename LION:

LaunchPad

apple macosx lion

Rumah baru bagi semua aplikasi Mac, LaunchPad dapat diakses langsung dari dock. Saat menekan tombol Launchpad, semua jendela yang terbuka akan menghilang perlahan-lahan digantikan oleh sebuah display fullscreen dari semua aplikasi yang ada di dalam Mac.

Full-Screen Apps

apple macosx lion

Di dalam iPad semua aplikasi akan terbuka secara penuh di layar, dalam LION hal tersebut juga diadopsi. Kita dapat membuat semua aplikasi full screen layaknya ipad, pergantian antar aplikasi dapat dilakukan dengan menyapukan jari kita di trackpad.

Mission Control

apple macosx lion

Ini adalah satu fitur menarik yang ada di LION. Dalam Mission Control, Dashboard, Full-Screen Apps, Desktop serta semua aplikasi yang berjalan ditampilkan dalam satu jendela dan dijadikan group, ini akan memudahkan pengguna melihat semua aktifitas yang berjalan dalam Mac.

AirDrop
Dengan AirDrop sharing file antar pengguna mac menjadi mudah, cukup menekan tombol airdrop maka mac secara otomatis akan mencari pengguna mac lainnya yang menggunakan airdrop dan file sharing pun dapat langsung digunakan tanpa perlu melakukan setting di dalam opsi file sharing.

Gestures and Animations
Penyempurnaan dari multitouch yang ada sebelumnya, dengan penambahan-penambahan efek-efek yang akan membuat semua kegiatan menggunakan trackpad muulitouch Apple terkesan nyata.

Auto Save
Saat mengerjakan suatu dokumen maka kita akan selalu melakukan fungsi simpan (save) secara manual malah kadang-kadang lupa untuk menyimpan dan hilanglah pekerjaan yang telah susah payah kita lakukan, dengan fitur otomatis simpan tidak perlu khawatir lupa menyimpan dokumen, karena semua itu akan otomatis dilakukan oleh auto save.

Versions
Version menyimpan semua perubahan yang dilakukan saat pertama kali membuka dan tiap jam saat membuat suatu dokumen. Fitur ini akan merekam semua perubahan-perubahan dalam dokumen yang dikerjakan, dan dapat kita lihat perubahan-perubahan apa saja yang terjadi dalam pembuatan dokumen kita.

Resume
Dengan resume kita tidak perlu lagi menutup satu-satu dokumen kita saat terjadi restart setelah software update misalnya atau setelah menginstall sebuah aplikasi yang memerlukan restart. Semua dokumen yang kita buka akan kembali lagi seperti posisi sebelum kita restart.

Poskan Komentar

Cari Artikel di Label Blog Ini

Anime (8) Anti Virus (30) Ayo Dance (12) Browser (25) Food (7) Games (56) Hacker (14) Knowledge (487) Media Player (18) Misteri (82) Ninja Saga (41) Other (127) Pendidikan (127) Point Blank (335) Serba 7 (59) Sofware (161) Tips (179) Tips Blog (44) Tips Komputer (26)