Google Ciptakan Fitur Untuk Para Tunanetra

Posted by Iqbal IDesainer

Ilustrasi Android Ice Cream Sandwich (sumber : Google)

Google berupaya mengadirkan akses mudah untuk para tuna netra yang dalam menggunakan smartphone. Akses tersebut tampaknya akan hadir pada sistem operasi Android Ice Cream Sandwich.

Orang yang memiliki keterbatasan penglihatan, pada umumnya memang tidak bisa memakai smartphone, terlebih ponsel cerdas saat ini sangat sedikit menyertakan tombol fisik. Berangkat dari hal tersebut Google selaku pencipta sistem operasi (OS) berniat untuk membuat kemudahan akses bagi para tuna netra di OS terbarunya, Ice Cream Sandwich.

Seperti dikutip Ubergizmo, Rabu (23/11/2011), Google akan membuat fitur suara yang dibangun pada OS Ice Cream Sandwich. Di mana fitur tersebut akan mengeluarkan suara, seperti membaca nama ikon atau teks. Ini memungkinkan pengguna untuk menemukan aplikasi yang dibutuhkan tanpa harus melihat layar ponsel.

Setelah pengguna menemukan aplikasi yang ingin dibukanya, maka pengguna cukup menekan ikon tersebut, kemudian pengguna juga bisa menggulirkan ke atas dan bawah untuk menemukan daftar aplikasi. Proses ini membutuhkan dua jari, karena satu jari digunakan untuk menggeser dan mengidentifikasi item.

Saat ini, Google memang belum memberikan nama pada fitur ini, tapi yang jelas kemudahan akses ini akan hadir pada OS Ice Cream Sandwich. Mungkin para tuna netra harus menunggu karena spesifikasi lengkap dan perilisannya masih menunggu konfirmasi dari raksasa internet asal California ini.

Poskan Komentar

Cari Artikel di Label Blog Ini

Anime (8) Anti Virus (30) Ayo Dance (12) Browser (25) Food (7) Games (56) Hacker (14) Knowledge (487) Media Player (18) Misteri (82) Ninja Saga (41) Other (127) Pendidikan (127) Point Blank (335) Serba 7 (59) Sofware (161) Tips (179) Tips Blog (44) Tips Komputer (26)