UNIPDU JOMBANG: Stadium General "Islam In America"

Posted by Iqbal IDesainer

Pada hari Senin tanggal 31 Oktober 2011, Unipdu Jombang kedatangan tamu Istimewa, yaitu Konsulat Jendral Amerika Serikat yang ada di Surabaya Kristen F Beuer. Pada kesempatan kali ini, Beliau memberikan kuliah umum atau stadium general  mengenai kehidupan islam di Amerika. Acara dimulai pukul 10 :00 pagi yang dibuka secara langsung oleh Rektor Unipdu, Prof, Dr, H, Ahmad Zakaria, MA. dalam sambutannya Pak Rektor menyampaikan bahwa selain satu - satunya kampus yang memakai nama pesantren, Unipdu juga merupakan kampus yang  bersahabat dengan banyak kalangan serta mampu menerima segala bentuk perbedaan.

Materi stadium general yang mengangkat maslah kehidupan islam di amerika  ini tentunya sangat menarik, karena akhir - akhir ini munculnya stigma negatif tentang hubungan islam dan amerika. hal ini tidak mengherankan mengingat banyak sekali peristiwa - peristiwa di berbagai negara yang seakan -akan menunjukkan pertentangan antara amerika dan umat muslim,.seperti tragedi 9 September 2001, invasi amerika ke irak,  pengeboman hotel milik amerika di indonesia, sampai yang paling hangat yaitu invasi Nato (pakta pertahanan militer atlantik utara yang berisi amerika dan sekutunya) menyerang libya dan berhasil meruntuhkan Muhammar Khadafi yang telah 40 tahun berkuasa. 

Oleh karena pada stadium general yang mengangkat topik islam in amerika ini, diharapkan mampu sedikit membuka mata kita bagaimana kehidupan umat muslim di amerika, serta hubungan amerika dengan negara - negara islam di seluruh dunia. menurut penjelasan narasumber Kristen F. Beuer, bahwa di amerika tidak ada departemen agama seperti di indonesia. pemerintah sama sekali tidak mencampuri kehidupan umat beragama , maka tidak heran jika pemerintah amerika tidak melakukan pendataan mengenai prosentase perbandingan umat beragama. pemerintah amerika serikat juga tidak mencantumkan agama dalam kartu identitas warganya (KTP). narasumber juga menjelaskan bahwa tidak ada larangan bagi umat islam maupun umat agama lain di amerika serikat untuk melakukan ibadah. termasuk tidak ada larangan berjilbab bagi umat muslimah.

Hal ini jelas menepis rumor yang selama ini sering kita terima, bahwa antara islam dan amerika sangat bertentangan. memang kalau kita pahami, sebenarnya tidak ada suatu konflik yang didasari perbedaan agama. tapi isu agama sering dijadikan alat untuk menyulut konflik oleh pihak yang tidak bertanggung jawab demi kepentingan secara ekonomi, karena memang isu agama sangat sensitif untuk dijadikan konflik. 

Secara umum acara berjalan lancar dan sangat dinamis, hal ini terlihat besarnya antusiasme audience yang sebagian besar mahasiswa untuk bertanya mengenai islam in amerika, pada sesi pertama di buka 5 pertanyaan dan di sesi kedua dibuka 3 pertanyaan. hampir semua perwakilan fakultas di beri kesempatan untuk bertanya secara langsung dengan narasumber, tetapi sangat disayangkan untuk fakultas teknik yang tidak mendapat jatah untuk bertanya, padahal perwakilan mahasiswa fakultas teknik sudah menyiapkan bebrapa pertanyaan yang telah disusun rapi dalam bahasa inggris.

Kristen F. Beuer juga memuji para audien yang bertanya. beliau mengatakan bahwa mahasiswa unipdu  mampu berbahasa inggris dengan baik. acara yang dimoderatori langsung oleh Pembantu  Rektor  I Unipdu , KH M. Zaimuddin W. As'ad, MS, berakhir pukul 11.00 dengan ditandai penyerahan cindera mata serta ramah tamah.(Saiful Muslim)

Poskan Komentar

Cari Artikel di Label Blog Ini

Anime (8) Anti Virus (30) Ayo Dance (12) Browser (25) Food (7) Games (56) Hacker (14) Knowledge (487) Media Player (18) Misteri (82) Ninja Saga (41) Other (127) Pendidikan (127) Point Blank (335) Serba 7 (59) Sofware (161) Tips (179) Tips Blog (44) Tips Komputer (26)