Cara Hard Reset Modem AC30 Smartfren

Posted by Iqbal IDesainer

Modem SmartFren AC30

Takut keburu lupa, kebetulan masalah ini pernah saya alami beberapa hari yang lalu. Barangkali ada sobat juga yang nyari informasi tentang Hard Reset Modem AC30 Smartfren. Silahkan dipelajari di bawah ya….
Kenapa harus di Hard Reset? Saya sendiri agak bingung mengistilahkankannya, klo di handphone-handphone mungkin istilahnya Master Reset / Factory Setting / Kembali ke Pengaturan Awal. Nah yang terjadi di Modem Smartfren ini agak sedikit beda, yang direset adalah termasuk Web Admin Control (Pengaturan Router / WiFi via Website Smart). Pada paket penjualan sudah disertakan dan dijelaskan mengenai hal ini.
Permasalahan yang saya alami kemarin, setelah terkoneksi dengan Web Admin Smart http://192.168.0.1 dengan username : admin dan password : admin, saya melakukan beberapa setting antara lain merubah nama router, merubah hybrid ke EVDO saja, menambah password dan terakhir dan berakibat terhadap masalah koneksi adalah di setting wireless yang tadinya auto connect saya setting menjadi manual connect. Alhasil ketika saya logout dari web admin, dan mencoba koneksi kembali tidak bisa tersambung ke internet karena saya setting manual connect, padahal untuk merubah settingan tadi harus via web admin smart. Bisa dibayangkan ngga? Harus merubah setting via web admin yang membutuhkan koneksi internet tetapi tidak bisa terkoneksi ke internet, dan merubahnyapun tidak bisa menggunakan jaringan internet yang lain, harus melalui wifi modem yang bersangkutan. Soalnya belakangan pun sudah saya coba akses http://192.168.0.1 via internet kabel ngga bisa konek juga… Dan pada saat itu yang ada dipikiran saya adalah bagaimana caranya master reset / hard reset modem smartfren ac30 ini? tombol yang ada cuma on/off doang…
Berbekal rasa penasaran dan menyalahkan diri sendiri karena action yang salah. Saya iseng tuh pencet-pencet tombolnya, setelah lima kali klo ngga salah mah, tiba-tiba lampu yang ada dimodem semuanya mati, kemudian selang beberapa detik nyala lagi… Setelah itu saya coba konek lagi via WiFi, Alhamdulillah bisa konek dan masuk ke web admin control lagi, dan semua settingan yang tadi kembali ke awal…
Jadi kesimpulannya adalah untuk HARD RESET Modem Smartfren AC30 mudah banget, dalam kondisi ON tinggal pencet aja tombol on/off nya sebanyak 5 kali (terus-menerus sekitar 3 detikan). Selesai. Modem kembali ke pengaturan awal termasuk settingan web admin controlnya..
Semoga membantu…

http://sugiri.net/

Posting Komentar

Cari Artikel di Label Blog Ini

Anime (8) Anti Virus (30) Ayo Dance (12) Browser (25) Food (7) Games (56) Hacker (14) Knowledge (484) Media Player (18) Misteri (78) Ninja Saga (41) Other (126) Pendidikan (129) Point Blank (334) Serba 7 (58) Sofware (157) Tips (179) Tips Blog (44) Tips Komputer (27)