Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup

Posted by Iqbal IDesainer



Wokey mari kita lanjut belajar biologi tentang pertumbuhan & perkembangannya. Kita mulai dari pertumbuhan pada hewan.

D. Pertumbuhan pada hewan
1. Fase Embrionik
Yaitu pertumbuhan mulai zigot (hasil peleburan sel telur dgn sperma) hingga terbentuknya embrio. Fase ini meliputi beberapa tahap yaitu:
a.Morulasi dan blastulasi
b.Gastrulasi
c.Morfogenesis
d.Diferensiasi
e.Spealisasi jaringan
f.Imbas atau induksi embrionik
g.Organogenesis

2. Fase pasca embrionik
Yaitu pertumbuhan setelah fase embrio meliputi:
a. Metamorfosis
b. Regenerasi

E. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Hewan dan Manusia
1. Faktor luar (ekstern)
a.Makanan
Zat makanan yang diperlukan oleh tubuh hewan termasuk manusia adalah karbohidrat, lemak, protein,vitamin dan mineral. Zat makanan yang paling penting dalam pertumbuhan hewan dan manusia adalah protein. Protein selain berfungsi sebagai zat pembangun tubuh juga berfungsi sebagai pembentuk hormon yang nantinya juga berperan dalam pertumbuhan
b. Air
Air merupakan medium paling baik untuk proses-proses kimia di dalam tubuh. Dari proses" kimia tersebut secara langsung maupun tidak langsung akan dihasilkan energi. Energi tersebut kemudian untuk membantu pembentukan sel-sel baru atau perbaikan jaringan tubuh.
C.Aktifitas tubuh
Aktifitas tubuh dapat mempengaruhi pertumbuhan apabila dilakukan dalam jangka waktu yang lama
D.Cahaya Matahari
peranan cahaya matahari terhadap pertumbuhan adalah dalam proses pembentukkkan tulang. kamu pasti ingat kalo untuk ngubah provitamin D menjadi vitamin D diperlukan cahaya matahari. kemudian vitamin D yg terbentuk digunakan untuk membantu pembentukan tulang.

2. Faktor dalam (Intern)
a. Genetis atau Gen
b. Hormon
Hormon berasal dari kata Yunani hormon yang berarti menggerakan. hormon pertama kali ditemukan pada tahun 1902 oleh William Baylis dan Ernest Starling. ada beberapa hormon yang hanya bekerja pada jaringan tertentu, ada juga yang bekerja di seluruh tubuh. pengendali utama seluruh kelenjar tsb adalah hipotalamus yang terletak pada salah satu bagian otak. pengendali kedua adalah kelenjar hipofisis. khusus mengenai kelenjar hipofisis, bukan hanya langsung mempengaruhi pertumbuhan tetapi juga meningkatkan kegiatan kelenjar-kelenjar lainnya.

F. Metamorfosis
Metamorfosis adalah perubahan bentuk dan struktur tubuh dari bentuk sederhana sampai bentuk sempurna yang dialami serangga & amfibi. metamorfosis disebut juga masa pasca embrionik.

1. metamorfosis pada katak
Hewan katak mengalami pertumbuhan embri yg sama, setelah mengalami perkembangan embrio dari fase morula, blastula, gastrula, dan specialisasi dan defferensiasi, maka akan dilanjutkan masa metamorfosis. adapun metamorfosis pada katak meliputi :
a. Telur
b. Berudu berinsang luar
c. Berudu berinsang dalam
d. berudu bertungkai belakang
e. berudu bertungkai depan
f. katak dengan ekor mulai mereduksi
g. katak muda usia 3 bulan
h. katak dewasa usia 6 bulan
2. metamorfosis pada serangga
Secara garis besar metamorfosis pada serangga dibagi 2 macam yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.
a. metamorfosis sempurna
Telur - larva - pupa - imago (dewasa)
contoh: kupu-kupu,lebah,semut, lalat.
b. metamorfosis tidak sempurna
Telur - larva - nympha - imago
contoh : belalang,jangkrik,capung,lipas.

Posting Komentar

Cari Artikel di Label Blog Ini

Anime (8) Anti Virus (30) Ayo Dance (12) Browser (25) Food (7) Games (56) Hacker (14) Knowledge (484) Media Player (18) Misteri (78) Ninja Saga (41) Other (126) Pendidikan (129) Point Blank (334) Serba 7 (58) Sofware (157) Tips (179) Tips Blog (44) Tips Komputer (27)