Software Pembuat Game Untuk PC

Posted by Iqbal IDesainer

Untuk postingan pertama saya kali ini,Saya akan memperkenalkan Software-software pembuat Game.

Terdapat banyak sekali game yang beredar di dunia,Tetapi pernahkah anda mencoba membuatnya...?
Pasti akan lebih mengasyikkan jika misi,karakter,level,dan alur cerita anda buat sendiri.

Berikut daftar Softwarenya :

1. Game Maker

Developer:Mark Overmars
Difficulty: Easy-Intermediate

Game maker merupakan suatu program yang bisa dikatakan cukup simple dan mudah untuk digunakan.
Dengan program ini anda dapat menciptakan game jenis apa saja yang anda inginkan seperti: racing,action,fighting,rpg,adventure,puzzle,tactic,simulation,dll.
Program ini lebih focus pada game berjenis 2D tetapi program ini juga menyediakan feature yang memungkinkan anda untuk membuat game jenis 3D ,namun anda tidak bisa membuat game sekelas ”Empire Earth”, “Need for Speed”, dengan program ini.
Karena feature 3D yang diberikan hanya untuk membuat game 3D yang sederhana.

Script yang dipakai adalah GML (Game Maker Language) yang juga bisa dipadukan dengan programming language seperti Delphi,C,dan sebagainya,hal ini bisa dilakukan dalam kapasitas penggunaan DLL (Dynamic Link Library,berupa semacam plugin yang mengandung fungsi-fungsi yang tidak dimiliki oleh GameMaker)


Download Game Maker 8.0
Password for Extract : www.remo-xp.com
Tutorial : Tutorial Game Maker

2. R.P.G. Maker VX

Developer: Enterbrain
Difficulty: Easy

R.P.G Maker merupakan program yang difokuskan untuk membuat game bertipe R.P.G
(Role Playing Game).
Program ini bisa dikatakan cukup mudah untuk dipahami, karena dilengkapi dengan tools-tools yang bisa dibilang tidak terlalu rumit.
Umumnya banyak orang-orang yang mulai membuat game karena kecintaanya dengan dunia R.P.G , Misalkan setelah bermain “Suikoden “ atau “Final Fantasy”,seseorang merasa ingin membuat game R.P.G. serupa. mungkin anda salah satu dari orang –orang itu, jadi anda bisa mulai mencari program ini. Sebab dengan program ini anda dapat membuat game R.P.G sebebas-bebas mungkin .

Script yang dipakai dalam  R.P.G. Maker VX yang dipakai adalah pengembangan dari RGSS,yaitu RGSS2.

 Download R.P.G. Maker VX
 Tutorial : Tutorial R.P.G Maker VX

3. Adobe Flash Player

Developer: Adobe
Difficulty: Easy

Mungkin sudah banyak orang yang tahu tentang program yang satu ini.
Program ini sebetulnya digunakan untuk membuat presentasi atau mendisain web. Namun selain itu dengan sedikit kreatifitas anda dapat membuat game sederhana dengan program ini. Sebab program ini tidak ditujukan untuk membuat game yang berat.



Download Macromedia Flash MX 2004
Serial : WPD700-58202-88194-29915 or wpd700-59309-14394-64786

4. AGS( Adventure Game Studio)

Developer: Chris Jones
Difficulty: Easy-Intermediate

AGS adalah program yang khusus untuk membuat game bertipe “point and click”. Mungkin sebagian dari anda ada yang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan “point and click”.
Point and click adalah jenis game yang umumnya bertipe adventure atau puzzle. Game bertipe ini dimainkan dengan menggunakan mouse sebagai penentu arah bagi karakter, game bertipe ini sendiri sempat meledak dan mengalahkan game  console “Atari”, ketika awal  kebangkitan game PC.
Contoh –contoh game bertipe point and click adalah:
Clock Tower ( playstation one), Broken Sword, Monkey Island ,Day of the Tentacle.Jadi bagi anda yang penasaran atau hobi membuat cerita petualangan atau fiksi ilmiah dan ingin membuat cerita tsb menjadi game , anda bisa menggunakan program ini.  


Download Adventure Game Studio
Tutorial : Tutorial Adventure Game Studio

5. 3D Game Studio

Developer: Conitec
Difficulty: Intermediate

Program yang satu ini ditujukan untuk membuat game-game bertipe 3D ataupun 2D. Namun program ini lebih dikhususkan untuk membuat game bertipe 3D. Tapi untuk tambahan , program ini bisa dikatakan cukup sulit digunakan bagi anda yang belum memiliki pemahaman dasar tentang 3D maupun tentang membuat game. Kelebihan dari program ini adalah , anda dapat membuat game sekelas dengan “Medal of Honor”, “Onimusha” , “ Prince of Persia”, “Ghost Recon”, ”Grand Theft Auto”, dll . Jadi bila anda sudah mengerti tentang dasar dari membuat game, mungkin anda dapat mencoba program
ini.




Download 3D Game Studio
Tutorial : Tutorial 3D Game Studio




Sumber : http://zamrudblog.blogspot.com/2011/12/software-pembuat-game.html

Posting Komentar

Cari Artikel di Label Blog Ini

Anime (8) Anti Virus (30) Ayo Dance (12) Browser (25) Food (7) Games (56) Hacker (14) Knowledge (484) Media Player (18) Misteri (78) Ninja Saga (41) Other (126) Pendidikan (129) Point Blank (334) Serba 7 (58) Sofware (157) Tips (179) Tips Blog (44) Tips Komputer (27)