Manfaatkan Jejaring Sosial Untuk Promosi Blog

Posted by Iqbal IDesainer


Jejaring Sosial
Sekarang ini perkembangan situs jejaring sosial di dunia semakin berkembang pesat. Banyak orang yang memanfaatkan fasilitas ini untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman dekat, sahabat dan rekan kerja sekalipun. Tidak hanya itu, para bloger juga memanfaatkan jejaring sosial untuk mempromosikan blognya.

Di Indonesia, situs jejaring sosial yang terkenal dan biasanya banyak digunakan oleh pengguna adalah Facebook dan Twitter. Entah kenapa, mungkin karena branding atau sebab lain membuat kedua jenis situs jejaring sosial ini begitu digemari oleh masyarakat.

Pastinya jika kita mengambil sisi positifnya yaitu berpromosi blog di jejaring sosial maka akan sangat menguntungkan. Selain mendapatkan traffic, bagi pebisnis online juga akan lebih mudah untuk memasarkan produknya di jejaring sosial ini. Ada beberapa cara yang banyak digunakan blogger untuk mempromosikan blognya, yaitu sebagai berikut:

1. Pasang URL Blog di Profil Anda
Profil anda merupakan area yang paling sering dikunjungi seseorang. Maka dari itu, sepantasnyalah anda memasang url blog anda di profil. Ini penting sebagai brand dan kredibilitas website anda.

2. Update Status
Update status merupakan hal penting yang harus anda ingat jika ingin konsisten berpromosi blog. Karena semua teman Anda di Facebook melihat update status tersebut, maka update status sangat baik untuk memberi tahu teman Anda jika Anda tulisan baru atau ada sesuatu yang penting di blog Anda (seperti TwitterFeed untuk Twitter). Sehingga, orang-orang yang membaca status Anda bisa meluncur ke blog Anda.

3. Fanspage
Fanspage mempunyai peran penting dalam berpromosi blog (Facebook). Setiap followers yang mengikuti fanspage anda, mereka akan dapat mengikuti perkembangan apa yang terjadi di blog/website anda. Jika menurut mereka blog/website anda bagus, tidak menutup kemungkinan followers anda akan mengundang teman mereka yang lain untuk bergabung ke fanspage anda. Ini sangat bagus untuk perkembangan traffic anda, khususnya bagi anda yang ingin memasarkan produk-produk anda.

4. Lebih Akrab dengan Teman
Ini adalah kunci kesuksesan dalam berpromosi blog lewat situs jejaring sosial. Karena pada dasarnya situs jejaring sosial ini merupakan wahana yang difungsikan untuk bisa menjalin kedekatan antarpersonal secara baik. So, manfaatkan lah peluang tersebut sebaik-baiknya. Jangan pernah menjadikan teman kita sebagai objek dagangan atau semata-mata objek kita dalam berpromosi. Bersikaplah sewajarnya layaknya kita sedang berteman dengan sahabat baik kita.

Semakin erat kedekatan kita dengan teman kita, maka secara tidak langsung proses berpromosi blog kita kepada mereka pun akan terbawa dengan baik. Murah menyapa, tidak terkesan sombong, tetap low profile adalah kuncinya. Selain itu anda bisa berpartisipasi di grup-grup jejaring sosial. Ini sangat penting, karena akan dapat menambah ilmu kita tentang hal-hal yang ingin dikuasai, selain itu dapat menambah teman di dunia maya. Contohnya adalah grup DBP yang dijadikan sebagai tempat belajar blogger.

Situs jejaring sosial adalah media yang paling pas untuk berpromosi. Gunakan kesempatan ini sebaik mungkin, maka dalam waktu singkat jumlah pengunjung dalam blog kita pun akan bertambah ramai. Sekian dulu artikel saya mengenai memanfaatkan jejaring sosial untuk promosi blog. Semoga bermanfaat 



Sumber : http://daw-xp.blogspot.com/2011/10/manfaatkan-jejaring-sosial-untuk.html

Poskan Komentar

Cari Artikel di Label Blog Ini

Anime (8) Anti Virus (30) Ayo Dance (12) Browser (25) Food (7) Games (56) Hacker (14) Knowledge (487) Media Player (18) Misteri (82) Ninja Saga (41) Other (127) Pendidikan (127) Point Blank (335) Serba 7 (59) Sofware (161) Tips (179) Tips Blog (44) Tips Komputer (26)