Mencari Investor Untuk Mobil Esemka

Posted by Iqbal IDesainer

 
foto

Wali Kota Surakarta Joko Widodo tak hanya mempopulerkan Kiat Esemka, mobil hasil kerja bareng siswa Sekolah Menengah Kejuruan 2 Surakarta bersama Sukiyat, pemilik Kiat Motor di Solo. Joko Widodo, atau akrab disapa Jokowi, berupaya membantu merancang proposal bisnis untuk memproduksinya secara massal.

Untuk mewujudkan rencana itu, Jokowi sedang mencari investor yang siap berinvestasi pada produksi mobil yang diharapkan menjadi cikal-bakal mobil nasional itu. "Prioritas tetap investor lokal," katanya soal siapa investor yang diharapkannya. Saat ditanya apakah ada yang bersedia berinvestasi, kata Jokowi, "Dicari sampai ketemu. Kalau enggak ada investor lokal, biar saya saja yang jadi investor."

Rencananya, investor itu akan diajak bersama-sama membangun industri Kiat Esemka, mulai desain, perakitan, finishing, promosi, hingga penjualannya. Untuk model bisnis pengembangan Kiat Esemka ini, Jokowi akan tetap mengedepankan prinsip kemitraan dengan industri rumah tangga yang dikelola oleh lulusan SMK. Nantinya itu akan terintegrasi dengan pihak swasta, seperti Kiat Motor serta Solo Techno Park--pusat pendidikan dan teknologi di Surakarta.

Produksi massal Esemka, kata Jokowi, akan dilakukan setelah ada hasil uji emisi dan uji kelayakan dari Kementerian Perhubungan. Jika syarat-syarat itu sudah didapat, langkah berikutnya menggarap sisi bisnisnya. "Nanti akan menjadi bisnis komersial, yang sepenuhnya dikelola swasta dan Solo Techno Park, yang didukung Pemerintah Kota Surakarta," ujarnya.

Soal perjalanannya ke Malaysia, Rabu dan Kamis lalu, apakah ada kaitannya dengan promosi mobil Esemka, Jokowi enggan menjawabnya. Kamis malam lalu, saat ditanya soal acara ke Malaysia itu, ia berkata, "Promosi mobil ke luar kota." Di kantor Wali Kota Solo, acara Jokowi ke Malaysia itu hanya disebut kegiatan "kedinasan".

Pro dan kontra soal kehadiran Kiat Esemka beberapa hari ini mendongkrak popularitas mobil rakitan itu serta para perakitnya. Sukiyat mengakui bahwa sudah ada beberapa pabrikan mobil terkenal yang menghubunginya dan mengajak bekerja sama mengembangkan Kiat Esemka. Atas ajakan itu, Sukiyat memberi jawaban "belum tertarik", karena tetap berkomitmen menjalin kerja sama dengan SMK 2.

Jokowi juga mengaku mendapat tawaran serupa. "Mereka tanyakan detail sampai hitung-hitungan investasi," ujarnya. Namun dia belum tertarik pada tawaran tersebut karena terlebih dulu akan membicarakannya dengan Kiat Motor dan siswa SMK 2. Senin pekan depan, Jokowi akan membahas proposal bisnis pengembangan Kiat Esemka, mobil lokal baru, dengan Kiat Motor dan SMK 2.

Poskan Komentar

Cari Artikel di Label Blog Ini

Anime (8) Anti Virus (30) Ayo Dance (12) Browser (25) Food (7) Games (56) Hacker (14) Knowledge (487) Media Player (18) Misteri (82) Ninja Saga (41) Other (127) Pendidikan (127) Point Blank (335) Serba 7 (59) Sofware (161) Tips (179) Tips Blog (44) Tips Komputer (26)