Sering Berenang Dapat Menyebabkan Sel Kanker

Posted by Iqbal IDesainer



Melakukan renang sebenarnya sehat ini merupakan salah satu dari olahraga bukan cuman olahraga berenang juga merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan namun tahukah kamu kalau terlalu sering berenag di tempat umum ternyata berbahaya dapat menyebarkan sel kanker si seluruh tubuh kamu mau tahu kenapa.

Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahaya jika kamu sering berenang di kolam renang umun di sinyalir dapat menyebarkan kanker.

Seperti yang kita ketahui di dalam air kolam renang itu tidak sehat di dalam air renag terdapat terdapat zat pembasmi kuman Disinfektan dan yang parahnya lagi pasti ada pengguna yang kencing dan berludah sembarangan sudah pasti air kolam renag itu kotor bukan.

Disinfektan yang berfungsi untuk menjaga air kolam terbebas dari penyakit ini, jika bereaksi dengan urin dan rambut berisiko menyebabkan penyakit asma dan kanker kandung kemih.

Sementara jika bereaksi dengan produk kosmetik yang umumnya dikemas dengan unsur nitrogen, dapat membentuk senyawa beracun yang mampu memicu mutasi genetik pada manusia.Dalam jangka panjang mutasi ini dapat menyebabkan cacat lahir, mempercepat proses penuaan, menyebabkan gangguan pernapasan, dan juga kanker.

University of Illinois mencoba melakukan penelitian dengan membadingkan air keran biasa dengan beberapa air kolam renang yang di pilih secara acak dengan mengunakan teknologi DNA mereka menemukan bahawa air pada kolam renang ternyata lebih berbahaya karena air pada kolam renag dapat menyebapkan kerusakan sel pada manusia .

“Penelitian ini membandingkan metode penggunaan dis-infeksi yang berbeda dengan kondisi lingkungan. Hasil penelitian kami membuktikan bahwa semua sampel air kolam yang telah di-desinfeksi menunjukan kerusakan DNA lebih banyak dibandingkan dengan sumber air keran,” ujar pemimpin penelitian, Profesor Michael Plewa.

“Semua sumber air memiliki bahan organik yang berasal dari daun membusuk, mikroba dan makluk hidup lainnya yang telah mati,” lanjutnya.

Menurut Michael, ada beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak tersebut, di antaranya dengan memperhatikan pemilihan jenis disinfektan dalam pemeliharaan kolam renang. Hindari pula bahan yang mengandung bromin kimia sebagai disinfektan air kolam.

“Metode terbaik untuk melindungi air kolam adalah mengkombinasikan perawatan sinar UV (ultra violet) dengan klorin dibandingkan dengan hanya klorinasi,” ujarnya.

Namun kamu jangan khawatir ada cara yang bisa dilakukan agar kerusakan sel dalam tubuh kamau tidak rusak saat berenang di kolam renang dengan cara kamu harus mandi dulu sebelum terjun ke kolam renag cara ini cukup ampuh di sebabkan beberapa zat kimia yang ada di tubuh kamu sudah hilang dan tidak akan bereaksi dengan zat Disinfektan yang ada di kolam renang.

Selain itu pengelola kolam renang juga harus sering mengingatkan bahaya jika membuang air kecil di dalam air kolam renang mungkin dengan cara ini bisa mencegah kerusakan sel tubuh ketika sedang berenang.

Poskan Komentar

Cari Artikel di Label Blog Ini

Anime (8) Anti Virus (30) Ayo Dance (12) Browser (25) Food (7) Games (56) Hacker (14) Knowledge (487) Media Player (18) Misteri (82) Ninja Saga (41) Other (127) Pendidikan (127) Point Blank (335) Serba 7 (59) Sofware (161) Tips (179) Tips Blog (44) Tips Komputer (26)