Membuat Kotak Permalink di Bawah Posting Blog

Posted by Iqbal IDesainer

kotak permalink blogger
Halo sobat! Setelah agak lama tidak share tips-trik blogger di blog ini karena persentase fokus lebih besar untuk mengembangkan tautweb.com, di posting ini saya membagi lagi satu widget/elemen fungsional untuk posting blog.

Sudah pernah melihat kotak permalink, bukan? Salah satu elemen blog yang berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi blog/web lain membuat tautan/linkback ke salah satu halaman posting blog; seperti yang saya sediakan di bawah posting-posting blog ini. Adanya kotak atau kolom permalink sangat membantu sobat dalam meningkatkan visibilitas dan traffic blog karena apabila ada blogger lain menyukai dan menganggap posting atau artikel blog sobat penting, maka dia dapat dengan mudah menemukan tag permalink di bawah artikel, meng-copy-nya, dan memasang/membaginya di blog; sehingga dia tidak perlu repot-repot membuat tag permalink sendiri. Jika sobat belum memiliki dan ingin membuat, silahkan ikuti tutorial menambahkan kotak permalink di bawah posting berikut.

Konsep dan Kode Kotak Permalink

Konsep yang saya gunakan adalah kotak permalink otomatis dengan memanfaatkan dua tag XML Blogger, yaitu <data:post.url/> untuk memanggil url posting yang sedang ditampilkan, dan <data:post.title/> untuk memanggil judul posting yang sedang ditampilkan, very easy! Permalink juga dilengkapi dengan tag link </a>. Kemudian permalink tersebut diletakkan pada textarea dengan memanfaatkan beberapa fungsi javascript sederhana. Dengan cara ini, semua isi kotak permalink tampil secara otomatis tanpa harus membuat isi secara manual dan dapat langsung digunakan.

Berikut kode-nya:
<div style='line-height:1.4em;padding: 1px; margin: 2px;background-color: #ffffff;font-size: 11px;text-align: justify'>

<span>Ganti teks ini dengan informasi mengenai permalink atau apapun di sini.</span><br />

<textarea cols='60' id='bloglinking' name='bloglinking' onclick='this.focus();this.select()' onfocus='this.select()' onmouseover='this.focus()' readonly='readonly' rows='2' style='margin-top:3px;width:auto;'>&lt;a href=&quot;<data:post.url/>&quot;&gt;<data:post.title/>&lt;/a&gt;</textarea><br/>

</div><br />
Kostumisasi CSS:
Secara default saya menggunakan:
- background-color: #ffffff (putih), ganti #ffffff dengan kode warna lain sesuai dengan warna background posting blog.
- padding: 1px dan margin: 2px, ganti 1px dan 2px dengan nilai lain untuk menambah atau mengurangi padding dan margin.
- font-size: 11px, ganti  dengan nilai lain untuk menambah/mengurangi ukuran huruf (pada text di atas kotak permalink).

Cara Memasang Kotak Permalink di Bawah Posting Blog

1. Copy kode di atas setelah melakukan kostumisasi, jika belum tahu apa yang harus dikostumisasi agar kotak permalink sesuai dengan desain blog, copy dulu saja.
2. Buka HTML editor blog, Dashboard > Template > Edit HTML.
3. Jangan lupa centang "Expand Widgets Template"
4. Cari <data:post.body>. Bagi yang menggunakan readmore otomatis, akan ada lebih dari satu tag tersebut. Pada kebanyakan template, tag yang ditampilkan secara penuh adalah tag kedua. Jika tidak yakin, pilih dan coba dulu yang pertama, jika tidak bisa pilih tag sama yang kedua.
5. Letakkan kode kotak permalink tepat di bawah <data:post.body>.
6. Save template.
Jika dipasang dengan benar, maka hasilnya akan tampak seperti ini:
Ganti teks ini dengan informasi mengenai permalink atau apapun di sini.

7. Cek hasilnya pada salah satu halaman posting dan lihat apakah dibutuhkan kostumisasi di bagian CSS seperti di atas.

Okay, itu dia langkah-langkah memasang kotak permalink di bawah posting Blogger. Semoga dulu sobat yang pernah menanyakan mengenai kotak permalink yang saya gunakan terpuaskan. And, have a nice blogging, guys!

Sumber : http://buka-rahasia.blogspot.com/2012/06/membuat-kotak-permalink-posting-blog.html

Poskan Komentar

Cari Artikel di Label Blog Ini

Anime (8) Anti Virus (30) Ayo Dance (12) Browser (25) Food (7) Games (56) Hacker (14) Knowledge (487) Media Player (18) Misteri (82) Ninja Saga (41) Other (127) Pendidikan (127) Point Blank (335) Serba 7 (59) Sofware (161) Tips (179) Tips Blog (44) Tips Komputer (26)