Cara Daftar Edmodo - Jejaring Sosial Untuk Guru dan Siswa

Posted by Iqbal IDesainer

Dengan semua fitur-fiturnya, dunia maya harus menjadi media yang sempurna untuk meningkatkan kehidupan nyata pendidikan. Mencari tool pengajaran dan pembelajaran online tidaklah mudah.
Untungnya, situasi telah perlahan-lahan bergeser menjadi lebih baik. Ada beberapa tool pendidikan yang hebat bermunculan di sana-sini, dan Edmodo adalah salah satunya. Mari lihat bagaimana tool ini dapat membantu.
  • Dalam Sudut Pandang Guru
Edmodo menggambarkan dirinya sebagai “jaringan sosial pembelajaran yang aman bagi guru dan siswa”. Mereka membuktikannya dengan menyediakan dua jenis tombol yang dapat Anda pilih, yaitu “I’m a Student” dan “I’m a Teacher“.

Untuk tujuan percobaan, mari lihat layanan dari kedua perspektif. Dimulai dari sisi guru terlebih dahulu. Window sign up terlihat biasa dengan semua field biasa untuk diisi. api kemudian Anda akan melihat bahwa versi siswa memiliki perbedaan khas.


Setelah mendaftar, Anda akan mendarat di halaman home Edmodo Anda. Ini mirip dengan Facebook, dengan beberapa modifikasi di sana-sini untuk membuatnya cocok untuk tujuan pendidikan.

Area update digunakan sebagai tool untuk mengirim Notes, Alarm, Tugas, dan Polling untuk sesama siswa atau guru lainnya.
  • Dalam Sudut Pandang Siswa
Jika Anda seorang siswa, proses pendaftaran sedikit berbeda. Selain informasi dasar pribadi Anda, Anda juga akan memerlukan kode kelompok yang akan Anda bergabung dengannya. Ini adalah kode bahwa guru Anda akan mendapatkan ketika mereka membuat kelompok.
Setelah login, Anda akan menemukan daftar kelompok bahwa Anda telah bergabung tepat di bawah avatar anda. Jika Anda ingin bergabung dengan kelompok lainnya, memiliki kode akses dan klik tombol “Join”.

Edmodo memiliki cara untuk menjaga privasi pengguna. Konsep kelompok akan membatasi segala sesuatu yang terjadi dalam kelompok di dalam anggota kelompok. Dan karena tidak mungkin untuk bergabung dengan kelompok apapun tanpa kode akses, guru dapat menjaganya agar tidak keluar dari kelompok.



Apa sih kelebihan dan kekurangan edmodo ?
Kalau menurut saya, kelebihan dan kekurangannya sebagai berikut:
  • Kelebihan
  1. Tidak sering error
  2. Orang tua dapat mengontrol hasil belajar siswa
  3. Guru dan siswa tidak harus bertatatap muka.
  4. Dapat diakses siapapun, kapanpun, dan di manapun.
  • Kekurangan 
  1. Membutuhkan fasilitas dan jaringan  internet yang memadai.
  2. Membutuhkan kesadaran siswa untuk aktif dalam pembelajaran.

Bagaimana cara mendaftar edmodo ?

Silahkan kunjungi dulu www.edmodo.com. Seperti jejaring sosial lainnya, cara mendaftar edmodo sangat mudah  hanya mengisi identitas saja dan syaratnya mempunyai email. Anda bisa mendaftar sebagai guru, siswa, atau orang tua. Jika akan mendaftar sebagai siswa harus tahu kode grup yang akan diikuti.

Bagaimana cara membuat grup atau masuk ke suatu grup ?

Tinggal klik tulisan join or create di sisi sebelah kiri bawah. Setelah Anda membuat grup akan muncul kode grup. Kode ini yang  akan digunakan teman guru Anda, siswa Anda, atau orang tua siswa untuk join.  


Dalam edmodo Anda juga dapat memberikan kuis atau tugas kepada siswa, di mana jawaban siswa dapat dikoreksi langsung (untuk soal tipe multiple choice dan true/false) , memberi penghargaan kepada siswa, dan memberi komentar pada jawaban siswa.
Pada dasarnya, jika Anda sering bermain-main dengan facebook, pastinya tidak akan kesulitan menggunakan edmodo.

Incoming search terms:

  • cara membuat edmodo
  • cara menggunakan edmodo
  • cara mendaftar edmodo
  • apa itu edmodo
  • edmodo
  • daftar edmodo
  • cara daftar edmodo
  • cara daftar di edmodo
  • cara sign up edmodo
  • pengertian edmodo

Poskan Komentar

Cari Artikel di Label Blog Ini

Anime (8) Anti Virus (30) Ayo Dance (12) Browser (25) Food (7) Games (56) Hacker (14) Knowledge (487) Media Player (18) Misteri (82) Ninja Saga (41) Other (126) Pendidikan (126) Point Blank (335) Serba 7 (59) Sofware (162) Tips (179) Tips Blog (44) Tips Komputer (26)