Manfaat Bergabung Komunitas Blogger dan Kaskuser Jombang

Posted by Iqbal IDesainer

“ringin

Era jejaring sosial memungkinkan setiap manusia bertemu dan berkumpul dengan orang-orang yang memiliki kesamaan minat di internet. Komunitas Blogger Jombang dan kaskuser Jombang merupakan salah satu kelompok yang memiliki minat dalam blogging dan forum di internet.

Bertemu Komunitas Kaskuser Jombang di Acara Pernikahan

Sampai akhirnya pada awal November 2011 kemarin saya menghadiri acara akad nikah dan resepsi pernikahan salah satu saudara di Ploso, Jombang. Siapa sangka dari acara ini saya menemukan titik cerah keberadaan komunitas blogger Jombang dan kaskuser Jombang. Fotografer acara akad nikah tersebut merupakan teman dari mempelai pria dan bernama Andik. Ternyata mas Andik merupakan salah satu penggiat komunitas kaskuser cabang Jombang.

Pada waktu jeda acara resepsi pernikahan, saya menyempatkan diri berbincang dengan mas Andik mengenai perkembangan komunitas kaskuser di Jombang. Dari penuturannya, saya mendapatkan informasi bahwa komunitas kaskuser Jombang sering mengadakan acara cangkrukan (ngobrol santai) setiap akhir pekan di salah satu cafe di Jombang. Inilah bentuk lain dari gathering komunitas internet yang berlangsung secara tatap muka.

Komunitas kaskuser Jombang bertemu dan berdiskusi mengenai perkembangan pergaulan di internet dan etika aktif diskusi di forum dengan tetap memakai aturan. Komunitas kaskuser Jombang juga sering mengadakan acara bakti sosial dengan menggandeng organisasi kepemudaan dan sosial setempat. Yang pernah saya tahu dan saya ikuti adalah acara khitan (sunatan) massal di kecamatan Bareng pada Desember 2011.

“blogger
Kopdar Royal, Bertemu Wuryanano, Siaran Bersama IBMT University dan Undangan Seminar

Komunitas Blogger Ringin Contong Jombang

Sedangkan untuk komunitas blogger Jombang sendiri saat ini belum memiliki wadah yang solid. Sebenarnya sudah ada komunitas blogger Ringin Conthong yang telah berdiri beberapa tahun lalu. Namun saat ini komunitas blogger tersebut tidak berkembang dengan baik padahal jumlah blogger Jombang tidak sedikit. Mereka berjalan sendiri-sendiri tanpa melalui organisasi yang teratur.
Saya menilai lambatnya perkembangan komunitas blogger Jombang disebabkan karena lokasi mereka tidak menetap di Jombang. Seperti saya dulu, mungkin blogger Jombang banyak yang menetap di kota lain karena bekerja atau kuliah. Saya memaklumi pembauran masyarakat bukanlah hal yang aneh kita temui saat ini. Masyarakat yang dinamis dan memiliki mobilitas tinggi bisa dengan mudah berpindah lokasi tempat tinggal.
Beberapa bulan terakhir ini saya mencoba mengumpulkan beberapa blogger Jombang melalui situs pertemanan Facebook. Saya menemukan beberapa teman di Facebook asal Jombang yang aktif ngeblog dan tinggal di luar kota Jombang. Meski ada yang mengkritik mereka hanya Fesbuker, bukan blogger, saya tidak ambil pusing. Apa salahnya kalau blogger suka main Facebook.
Saya yakin komunitas blogger Jombang ke depannya akan mampu berkembang menjadi lebih besar seperti Tugu Pahlawan Community (TPC), Surabaya Web Community (SuWeC), serta beberapa komunitas blogger lainnya. Mudah-mudahan mimpi membentuk komunitas blogger Jombang yang terorganisasi bisa segera terwujudkan tahun ini.

“komunitas
Manfaat Bergabung dengan komunitas Blogger

Manfaat Bergabung Dengan Komunitas Blogger

Saya sudah aktif ngeblog selama kurang lebih 4 tahun dan sempat bergabung dengan beberapa pesta komunitas blogger setempat. Baik di Surabaya maupun di Jombang, yang namanya blogger dan kaskuser pasti nyambung kalau diajak ngobrol. Kesamaan minat dan aktifitas di internet memberi ikatan sosial antar anggota komunitas.
Lalu, apakah manfaat yang bisa kita dapatkan dengan bergabung dalam pesta komunitas blogger dan pengguna internet? Beberapa manfaat yang telah saya dapatkan dengan mengikuti kegiatan pertemuan komunitas blogger antara lain:

1. Menggali potensi dan kompetensi diri.

Awalnya saya malu dan enggan menghadiri pesta komunitas blogger yang berisi orang-orang baru dalam hidup. Sepertinya saya bukan apa-apa dibanding para mastah yang lebih dulu pintar dan populer. Tapi saya berpikirnya santai saja. Tidak perlu memaksakan diri menjadi diri mereka yang ngetop duluan. Niat saya dulu hanya berbagi pengalaman ngeblog sekalian bertukar permasalahan yang saya hadapi.

Siapa sangka kegiatan kopdar blogger ini malah membuat saya tersadar akan potensi dan kompetensi diri saya. Mereka memberi testimoni, kritik dan saran terhadap blog yang saya kelola. Dari komentar yang mereka sampaikan saya jadi tahu bahwa blogging dan menulis artikel adalah dunia saya. Lebih jauh lagi, saya sekarang telah mendirikan layanan jasa penulis artikel blog melalui website penulis lepas www.JasaArtikel.com berkat dukungan teman-teman anggota komunitas blogger.

2. Menumbuhkan motivasi diri dalam ngeblog dan hidup.

Bertemu dengan orang-orang baru dan berbagi pengalaman hidup merupakan hal yang menarik selama saya bergabung dengan pesta komunitas blogger. Kisah hidup blogger berbeda-beda sesuai latar belakang mereka. Misalnya, ada blogger yang aktif mobile blogging meski cuma bermodal hape jadul. Ada juga pekerja pabrik yang serius ngeblog untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Saya mensyukuri keragaman tersebut karena cerita mereka memberi inspirasi dan motivasi diri bagi hidup saya.

Manfaat mengikuti kopdar komunitas blogger yang utama tentu saja membantu agar saya tetap rajin menulis artikel blog pada awal-awal mengenal blogging. Bila telat menulis artikel, biasanya anggota lain sesama komunitas blogger akan memberi kritikan agar segera menulis. Ditunggu tulisan selanjutnya, mana artikel lanjutannya, dan beragam dukungan diberikan agar saya tidak berhenti ngeblog.

3. Mengembangkan pertemanan dan relasi kerja.

Peribahasa mengatakan bahwa ‘banyak teman, banyak rejeki’. Saya mempercayai hal tersebut berkat bergabung dengan pesta komunitas blogger. Jika Anda sedang menekuni dan mengembangkan bisnis online, maka melalui acara pesta komunitas blogger Anda bisa mempromosikan diri produk atau layanan yang ditawarkan melalui internet. Siapa tahu salah satu dari kawan blogger tersebut tertarik membeli produk Anda dan memberi testimoni yang bagus.

Ada salah satu trik mudah supaya blog Anda menjadi ngetop dan dijuluki sebagai New Seleblogger. Setelah menghadiri setiap acara kopdar, pastikan Anda segera membuat ulasan singkat kegiatan yang baru diikuti. Anda bisa menceritakan siapa saja yang datang, kapan dilaksanakan, dimana lokasinya, apa saja yang dibahas dan apakah respons yang Anda berikan kepada isi pembicaraan. Pembaca pasti penasaran dan kagum dengan eksistensi Anda yang rajin mengikuti gathering komunitas blogger.

Referensi

Poskan Komentar

Cari Artikel di Label Blog Ini

Anime (8) Anti Virus (30) Ayo Dance (12) Browser (25) Food (7) Games (56) Hacker (14) Knowledge (487) Media Player (18) Misteri (82) Ninja Saga (41) Other (127) Pendidikan (127) Point Blank (335) Serba 7 (59) Sofware (161) Tips (179) Tips Blog (44) Tips Komputer (26)