Spam dan Malware Meningkat

Posted by Iqbal IDesainer

Jenis pesan massal dengan variasi terbanyak terdapat pada pemberitahuan palsu dari jejaring sosial, seperti Twitter, Facebook, WindowsLive, MySpace dan sejumlah toko online populer. Link yang terdapat pada pesan tersebut mengarahkan pengguna untuk mengunduh Bredolab backdoor yang kemudian akan digunakan untuk mengunduh Trojan pada komputer pengguna.
Persentase pada bulan September mengalami penurunan sebesar 1,5 poin dibandingkan pada bulan Agustus. Penurunan ini disebabkan oleh penutupan lebih dari 20 pusat kontrol yang digunakan oleh the Pushdo/Cutwail botnet yang bertanggungjawab untuk sekitar 10% dari seluruh spam di dunia. Ancaman yang timbul oleh botnet bukan hanya volume spam yang didistribusikan, tetapi berkaitan dengan penyebaran program jahat, seperti Zbot (ZeuS) dan TDSS. Ketika pusat komando botnet ditutup, sejumlah besar bots menghentikan penyebaran spam sebagaimana mereka tidak lagi berada di bawah kontrol spammer.
Program lainnya yang menghetnikan operasionalnya adalam program kemitraan SpamIt. Program ini bertanggunjawab atas sejumlah besar spam pada dunia farmasi. Website program tersebut (Spamit.biz dan Spamit.com) memposting beberapa alasan penutupan tersebut seperti “daftar panjang kejadian negatif selama setahun terakhir dan peningkatan perhatian yang diberikan pada operasional program kemitraan ini.”
Kecendrungan utama dalam kuartal ketiga adalah keselarasan yang lebih dekat antara industri spam dan pembuat virus. Spam tidak lagi hanya mengganggu, tetapi sekarang merupakan komponen yang digunakan dalam skema ilegal untuk mencuri data rahasia yang kemudian dapat digunakan untuk mendapatkan uang. Namun, situasi ini menarik perhatian lembaga legislatif dan penegak hukum.

Posting Komentar

Cari Artikel di Label Blog Ini

Anime (8) Anti Virus (30) Ayo Dance (12) Browser (25) Food (7) Games (56) Hacker (14) Knowledge (484) Media Player (18) Misteri (78) Ninja Saga (41) Other (126) Pendidikan (129) Point Blank (334) Serba 7 (58) Sofware (157) Tips (179) Tips Blog (44) Tips Komputer (27)