Cara Hapus Linux Boot Loader

Posted by Iqbal IDesainer

Banyak sekali orang menghapus partisi Linux setelah diinstal dari “Disk Manager” kan tetapi tidak dapat menghapus Linux secara keseluruhan. Linux boot loader masih muncul saat startup dan karena Anda menghapus partisi Linux, boot loader akan rusak dan sistem Anda menjadi tidak dapat digunakan.
Jadi, jika Anda juga menghadapi masalah ini atau Anda menghadapi masalah ini di masa lalu dan tidak bisa mendapatkan solusi nya, anda dapat mengikuti tutorial dalam membantu Anda untuk sepenuhnya menghapus Linux dari dual-boot.
Pertama Anda harus boot menggunakan Windows setup CD. Anda dapat menggunakan CD Setup Windows 98 atau Windows 2000, XP, 2003 atau DVD Windows Vista, DVD Server 2008 .
Menggunakan Windows 98 CD:
  • Boot ke Command Prompt dan memberikan perintah berikut:
fdisk / MBR
Sekarang keluar dari command prompt dengan mengetik Exit dan tekan Enter.
Menggunakan Windows 2000, XP, 2003 CD:
  • Masuk ke “Recovery Console” dengan menekan “R”, pilih instalasi Windows Anda dan masukkan sandi administrator. Sekarang memberikan perintah berikut:
fixmbr
  • Tekan “Y” untuk mengkonfirmasi dan jenis Keluar untuk keluar dari recovery console.
Menggunakan Windows Vista, Server 2008 DVD:
  • Boot menggunakan DVD setup dan klik pada “Repair Computer” link, lalu klik pada “Command Prompt”. Sekarang menavigasi ke DVD drive menggunakan perintah CD dan akhirnya memberikan perintah berikut:
bootsect / nt60 SYS / mbr
  • Keluar dari Command prompt dan restart sistem anda.
Perintah di atas akan menghapus bootloader Linux dari startup dan Anda akan dapat langsung boot ke Windows. dan Jika Anda belum menghapus partisi Linux, maka Anda dapat menghapusnya dengan menggunakan “Disk Manager” tool pada Windows.
Sumber di sini...!!!

Poskan Komentar

Cari Artikel di Label Blog Ini

Anime (8) Anti Virus (30) Ayo Dance (12) Browser (25) Food (7) Games (56) Hacker (14) Knowledge (487) Media Player (18) Misteri (82) Ninja Saga (41) Other (127) Pendidikan (127) Point Blank (335) Serba 7 (59) Sofware (161) Tips (179) Tips Blog (44) Tips Komputer (26)