Kronologi Kematian Khadafi

Posted by Iqbal IDesainer


Foto : Moammar Khadafi

SIRTE - Mantan Pemimpin Libya Moammar Khadafi dikabarkan tewas di kampung halamannya Sirte oleh serangan dari pasukan Dewan Transisi Nasional (NTC).
Berikut adalah kronologis dari peristiwa kejatuhan Khadafi dariAssociated Press, Kamis (20/10/2011).

Pukul 16.44 
Para pasukan NTC mengatakan, Khadafi berada dalam persembunyiannya bersama dengan para pasukan loyalisnya di Kota Sirte. Rombongan Khadafi saat itu mencoba untuk lari dari serangan, namun North Atlantic Treaty Organization (NATO) berhasil membombardirnya. Hingga saat ini, tempat di mana Khadafi tewas belum jelas, apakah dirinya tewas di persembunyiannya atau di luar.

Pukul 16.36
NTC melaporkan kematian Khadafi ke Amerika Serikat (AS) sebelum Perdana Menteri NTC Mahmoud Jibril mengumumkannya. 

Pukul 16.20
Khadafi dinyatakan Tewas.

Pukul 16.13
Pejabat AS emngatakan, Moammar Khadafi dikabarkan tewas.

Pukul 16.02
Stasiun televisi Al Jazeera mengeluarkan rekaman Khadafi yang terkulai di tanah, terluka, dan diinjak-injak. Pakaian Khadafi pun tampak sobek.

Pukul 15.58
Gedung Putih tidak berkomentar banyak mengenai situasi perkembangan di Libya. Meski demikian, Senator John McCain mengatakan, ini adalah sebuah fase akhir dari Revolusi Libya. McCain juga menambahkan, AS dan NATO akan melanjutkan dukugnannya untuk Libya.

Pukul 15.50
Besok, NTC akan merayakan dua bulan pendudukannya di Tripoli dan kepergian Khadafi dari Ibu Kota Libya. Beberapa kabar pun muncul tentang keberadaan Khadafi. Khadafi dikabarkan ada di perbatasan Niger dan Aljazair, namun ada pula yang mengatakan dirinya saat ini ada di ruang bawah tanah di Tripoli.

Pukul 15.44
Para pejabat NTC mengadakan konfernsi pers di Tripoli bersama Perdana Menteri NTC Mahmoud Jibril.

Pukul 15.32
Peringatan digelar di jalanan Kota Tripoli dan warga pun mengkampanyekan penangkapan atau pembunuhan terhadap Khadafi. NTC memanggil para jurnalis untuk mengadakan konferensi pers.

Pukul 15.04
Di Sirte, para pasukan NTC berperang untuk mengambil alih kota tersebut dari cengkraman pasukan loyalis Khadafi. Perang pun berakhir.

Pukul 14.54
Juru bicara NTC mengatakan, Khadafi mungkin tertangkap atau terbunuh saat Sirte jatuh ke tangan NTC. 

Pukul 14.44
NATO mengabarkan, mereka sudah menghantam rombongan Khadafi yang hendak melarikan diri dari Sirte. NTC pun mengatakan, mereka sudah menangkap Khadafi.

Pukul 14.14
Gedung Putih mengawasi perkembangan yang terkait dengan kabar tertangkap dan tewasnya Khadafi. Namun mereka tidak dapat berkomentar banyak. Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton pada Rabu lalu hanya mengatakan dirinya berharap Khadafi tertangkap atau mati.

Pukul 14.09
Pejabat NTC dan NATO tidak mengabarkan tentang tertangkap atau terbunuhnya Khadafi.

Pukul 12.36
Ditemukan banyaknya seragam pasukan Khadafi yang tercecer di jalanan. Para pasukan NTC memanjat lampu lalu lintas dan mencium bendera revolusi.

Pukul 11.35
Sirte diambil alih oleh NTC. Para pasukan NTC tampak sedang memukuli pasukan loyalis Khadafi di belakang sebuah truk.

Pukul 11.05
Di Sirte, para pasukan NTC sedang memeriksa seluruh perumahan untuk melacak keberadaan Khadafi

Poskan Komentar

Cari Artikel di Label Blog Ini

Anime (8) Anti Virus (30) Ayo Dance (12) Browser (25) Food (7) Games (56) Hacker (14) Knowledge (487) Media Player (18) Misteri (82) Ninja Saga (41) Other (127) Pendidikan (127) Point Blank (335) Serba 7 (59) Sofware (161) Tips (179) Tips Blog (44) Tips Komputer (26)