Cara Mengatasi Webcam Tidak Berfungsi dengan Baik

Posted by Iqbal IDesainer

Mengatasi Webcam Tidak Berfungsi dengan Baik - Di era sekarang ini webcam seperti halnya telfon di jaman dulu, hanya saja jika kita menggunakan telfon kita tidak dapat melihat tampilan wajah dari orang yang kita ajak bicara. Berbeda dengan kita melakukan panggilan menggunakan webcam, kita dapat melakukan panggilan suara dalam bentuk video, sehingga kita bisa bertatap muka dengan orang yang kita ajak bicara. Seperti yang dilakukan oleh Bpk. Iwan Piliang yang mewawancarai Nazzrudin melalui webcam yang sedang marak di perbincangkan saat ini.
Lanjut ke pokok pembicaraan yaitu Mengatasi Webcam Tidak Berfungsi dengan Baik, jika timbul masalah seperti ini, tentu tidak bisa untuk melakukan panggilan video menggunakan webcam, masalah tidak berfungsi kebanyakannya karena tidak ada gambar saja alias blank. Dengan asumsi bahwa webcam tidak rusak secara fisik, ikuti petunjuk dibawah ini untuk mengatasi masalahnya. Dalam contoh ini kita menggunakan sistem operasi Windows XP.
Langkah-langkah memecahkan masalah Webcam Tidak Berfungsi dengan Baik :

  1. Langkah pertama tentu saja untuk memeriksa koneksi webcam Anda. Webcam Kebanyakan menggunakan port USB untuk dihubungkan ke PC, jadi periksa apakah kabel USB terpasang dengan benar. Untuk built-in Webcam langkah ini tentu saja tidak berlaku. Banyak laptop baru memiliki built-in webcam.
  2. Hal selanjutnya adalah memeriksa Device Manager Windows dan melihat apakah perangkat keras dicatat disana dengan benar dan terpasang dengan baik. Mungkin saja hardware tersebut diakui sebagai kamera, tetapi driver tidak diinstal. Tanda berwarna kuning menunjukkan adanya masalah.
  3. Jika Anda mengalami device is not recognized pada Windows XP, maka hal itu akan didaftar pada Other Devices.
  4. Dalam kasus seperti gambar diatas, Anda bisa mencoba untuk mengupdate driver. Klik kanan perangkat, dan di menu popup pilih [Update Driver Software]. Kemudian ikuti petunjuk pada layar, tetapi pastikan Anda mengizinkan Windows untuk pencarian web untuk driver yang diupdate. Paling bagus jika ada CD Drivernya.
  5. Dalam hal tidak ada driver yang ditemukan untuk webcam, Anda dapat mencoba program pencari driver pihak ketiga (http://www.driverfinderpro.com/) yang membantu menemukan dan menginstal driver hilang.
  6. Jika ini gagal, langkah berikutnya adalah menguninstall perangkat lunak webcam Anda lalu setelah itu install ulang kembali. Tapi ingat, sebelum menginstall ulang driver, PC harus direstart dulu.
  7. Jika driver dan perangkat lunak dan webcam terinstal dengan benar, dan Anda masih tidak dapat melihat video apapun, mungkin ada masalah dengan pengaturan program. Kebanyakan program chatting memiliki opsi konfigurasi untuk memilih sumber video ke fitur webcam.
  8. Beberapa Webcam dan program chatting memerlukan software tambahan, misalnya program Java, Flash dan software Quicktime harus dipasang dan up to date. Tapi tentu cek juga perangkat lunak DirectX, karena semua aplikasi video, termasuk Webcam, DirectX digunakan untuk pemrosesan video. Sampai disini saya yakin webcam Anda sudah berfungsi.
Jika Anda menggunakan webcam Anda untuk instant messaging cepat dengan salah satu program chatting populer, Anda bisa gunakan EatCam (http://www.eatcam.com/), yang memungkinkan Anda untuk merekam webcam chatting dari MSN, YM, ICQ, Skype, AIM, dan yang lainnya.
Semoga Bermanfaat
 

Poskan Komentar

Cari Artikel di Label Blog Ini

Anime (8) Anti Virus (30) Ayo Dance (12) Browser (25) Food (7) Games (56) Hacker (14) Knowledge (487) Media Player (18) Misteri (82) Ninja Saga (41) Other (127) Pendidikan (127) Point Blank (335) Serba 7 (59) Sofware (161) Tips (179) Tips Blog (44) Tips Komputer (26)