Tips & Trik: Cara Melindungi Data Pribadi Facebook

Posted by Iqbal IDesainer

Privacy-Network-Account-Personal-Aplikasi-Facebook


www.iqbalblogger.blogspot.com - Facebook mempersulit penggunanya: banyak fungsi baru pada Facebook yang bertambah secara terus menerus. Pengguna baru seringkali menemukan kesulitan dan bingung dengan halaman setting yang panjang di Facebook. Masalahnya ada di setting dasar Facebook pada saat Anda melakukan log-in pertama kali. Seluruh orang dapat mengetahui siapakah Anda dan yang Anda tulis, meskipun ia bukan pengguna Facebook. Search engine youropenbook.org menunjukkan, berapa banyak pengguna yang membuka atau mempublikasikan data pribadi mereka, seperti political views. Pada umumnya terjadi secara tidak disengaja.
Tutorial berikut ini menjelaskan konfigurasi penting untuk menghindari hal tersebut dan tutorial ini tidak dapat Anda temukan di Facebook. Maka dari itu, kami akan menjelaskan mulai dari proses registrasi dengan mengubah seluruh setting dasar Facebook untuk mencegah pengumpulan data oleh pihak ketiga dan melindungi Anda dari berbagai account hacker. Dengan tips dari kami ini, Anda juga dapat menggunakan fungsi foto yang ada di Facebook secara optimal.
Tetapi, sebaiknya Anda tidak memasukkan profil Anda secara lengkap di Facebook. Tips: carilah informasi pada halaman, seperti insidefacebook.com.

Safe start: Protect wall
Setelah log-in Anda harus mengubah setting dasar pada Facebook sebelum Anda menghubungi teman Anda.

SELURUH ISI TERLIHAT: status messages, foto, dan data biografi dapat dilihat oleh semua user. Sebaiknya, yang dapat mengakses isi Facebook Anda tersebut hanya teman-teman Anda. Untuk itu, Anda dapat memilih "Account | Privacy settings | Customize settings" dan selanjutnya memilih "Only friends" yang terdapat di bawah menu "Things I share" (lihat gambar di bawah).

WALL: memang menyenangkan jika teman Anda menulis sesuatu di wall Anda. Akan tetapi hal tersebut bisa juga membuat Anda tidak nyaman bila org lain seringkali melihat posting-an yang sifatnya pribadi. Pada "Account | Privacy settings/Customize settings", Anda dapat menentukan "Things other share". Jika Anda mengizinkan orang lain untuk menulis di wall Anda, Anda dapat memilih "Wall posts from friends". Sebaiknya tulisan di wall tersebut hanya bisa dilihat oleh Anda sendiri. Untuk itu, Anda dapat meng-klik pada menu "Custom" dan pada window berikutnya pilihlah "Make this visible to | only me".

FRIEND LISTS: Jika anda tidak ingin berbagi post dengan semua orang, Anda dapat menyortir teman-teman Anda ke dalam grup. Untuk itu, Anda dapat masuk ke halaman utama pada menu "Friends | Edit friends | Make list" dan bagilah group Facebook Anda, seperti keluarga, teman, dan rekan kerja. Kemudian, pada saat posting, Anda dapat menentukan ingin memasukan individual friend lists atau tidak melalui simbol gembok yang terletak di sebelah "Share" dan "Custom".

Menjaga-privasi-Facebook
Menjaga privasi: Facebook akan memperlihatkan posting-an dan berbagai informasi untuk seluruh web, kecuali Anda membatasinya hanya untuk teman-teman Anda.
 
More privacy: Batasi aplikasi
Anda harus mematikan aplikasi dan website dari pihak ketiga supaya data pribadi Anda
                         : benar-benar terjaga kerahasiaannya.

FACEBOOK-APPS:  Jika teman-teman Anda menggunakan aplikasi Facebook, orang yang menawarkan jasa bisa mengetahui banyak detail tentang Anda. Hal ini dapat anda hentikan dalam menu "Privacy settings". Anda dapat memilih menu "Applications and websites", kemudian mengklik "Edit settings" di "Information that is accessible through tour friends". Di sanalah, Anda bisa menghilangkan semua tanda centang.

PERSONALIZATION: Agar partner Facebook, seperti Bing, Pandora, atau TripAdvisor tidak memperoleh data Anda, Anda dapat masuk kembali ke dalam setting untuk applications dan websites. Di sana Anda dapat menemukan pilihan "Immediate personalization". Kemudian Anda dapat memilih "Edit settings" dan tutup window video yang muncul serta hilangkan satu-satunya tanda centang yang terdapat pada halaman tersebut.

SECURE CONNECTION: Komunikasi Anda melalui Facebook seharusnya selalu berjalan melalui sebuah koneksi HTTPS yang aman. Jadi, Anda dapat mengaktifkan dengan memberi tanda centang pada "Secure browsing (https)" yang terdapat pada menu "Account | Account settings | Account security | change".

ADVERTISEMENTS: Jika Anda menjadi fans dari sebuah perusahaan di Facebook, Anda bisa menampilkan iklannya (lihat gambar dibawah). Untuk menonaktifkannya, Anda dapat masuk ke menu "Account settings | Facebook advertisements" dan memilih "None" pada kedua drop-down menu.

Advertising-sign-facebook
Advertising sign: Iklan di Facebook akan menampilkan nama Anda bila Anda menyukai produknya, kecuali Anda menonaktifkannya.

Pro features: Mengoptimalkan profile 
Dengan beberapa trik, Anda bisa mengimprovisasi profile Anda dan melindungi Facebook Anda dari spam.

IMAGE SIZE: Upload foto profile dengan ukuran maksimal 180x540 pixels, foto normal berukuran maksimal 720x720 pixels karena facebook akan memperkecilnya dengan mengorbankan kualitas gambar. Pada halaman profile, pilih menu "Photos | Upload more photos | Select photos" dan Anda juga dapat meng-upload foto dengan ukuran hingga 2.048 pixel pada menu "Quality | High resolution.

CELLPHONE APP: Setelah instalasi aplikasi Facebook untuk Smartphone, Facebook akan menanyakan, apakah Anda ingin mengsinkronisasikan phonebook dengan akun Anda? Di sini, Anda dapat memilih "Disagree" karena jika tidak, semua nama, nomor telepon, dan alamat email akan masuk di dalam Facebook secara penuh.

HACKER PROTECTION: Agar hacker tidak menyalahgunakan profile Anda, Anda harus mencantumkan informasi device di profile Anda ketika melakukan log-in. Anda dapat masuk ke menu "Account settings | Account security | Change" dan centang pada "Send me an email". Apabila ada komputer asing yang log-in dengan menggunakan akun Anda, Anda akan mendapat e-mail. Jika hal ini terjadi, sebaiknya Anda langsung me­ngubah password pada menu "Account settings | Password".

SPAM MAIL: siapa saja yang menggunakan aplikasi Facebook, seringkali mendapat spam mail yang tidak diinginkan. Anda bisa meng­hindari hal tersebut dengan cara menghilangkan beberapa tanda centang pada menu "Account settings | Notifications | Other applications".


Gambar-HD-Facebook
Gambar HD: Facebook membatasi ukuran foto, kecuali Anda menggunakan pilihan upload tersembunyi untuk gambar dengan resolusi tinggi.

Poskan Komentar

Cari Artikel di Label Blog Ini

Anime (8) Anti Virus (30) Ayo Dance (12) Browser (25) Food (7) Games (56) Hacker (14) Knowledge (487) Media Player (18) Misteri (82) Ninja Saga (41) Other (127) Pendidikan (127) Point Blank (335) Serba 7 (59) Sofware (161) Tips (179) Tips Blog (44) Tips Komputer (26)