Tradisi Hidangan Natal Di Berbagai Negara

Posted by Iqbal IDesainer


Natal yang dirayakan pada tanggal 25 Desember setiap tahunnya merupakan perayaan umat nasrani untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus. 

Mal-mal besar "berdandan" dengan berbagai hiasan Natal yang meriah, kirim-kiriman kartu Natal, pohon Natal dipasang, tuker-tukeran kado, dan Sinterklas merupakan tradisi di hari Natal setiap tahunnya. Dan yang terpenting dalam tradisi Natal adalah saatnya untuk berkumpul bersama keluarga tercinta untuk berbagi kemeriahan dan kasih sayang. Biasanya pada malam sebelum Natal, seluruh anggota keluarga akan berkumpul dan menikmati pesta atau makan malam bersama, yang (Christmas Dinner).

Nah, bagaimanakah bentuk Christmas Dinner di berbagai negara di dunia?

Amerika Serikat
Kebanyakan tradisi Natal di negeri Paman Sam diadaptasi dari negeri Inggris, di mana makanan utamanya berupa unggas seperti kalkun atau ayam, daging sapi, ham, babi yang "dijejalkan" dengan bumbu atau pelengkap. Makanan utama ini ditemani dengan sayuran dan kentang tumbuk. Makanan penutup yang lazim ditemui pada malam Natal berupa pai labu, pudding plum (biasa disebut Christmas pudding), kue buah, kue kelapa, kue wortel, pai apel, kue gula, dan beragam variasi dessert lainnya.

Australia
Tradisi makan bersama di malam Natal di negara Australia mengambil tradisi bangsa Inggris. Namun, berhubung Natal jatuh pada musim panas di belahan bumi selatan, menu daging-dagingan seperti ayam, ham, dan kalkun disajikan dingin dengan saus cranberry, lengkap dengan salad atau sayur-sayuran panggang. Selain itu, barbekyu dengan hidangan seafood, steak, atau dada ayam juga sering dilakukan untuk mengisi malam Natal.

Belanda
Christmas dinner di Belanda sedikit berbeda dari tradisi negara-negara tetangganya. Bangsa Belanda menyebut tradisi mereka "gourmet", malam yang penuh dengan acara di mana beberapa kelompok kecil orang duduk mengelilingi satu set bahan makanan dan mereka akan memasak sendiri makanan mereka dengan menggunakan peralatan yang dibawa masing-masing dalam porsi yang kecil-kecil. Si tuan rumah telah menyiapkan sayuran yang telah dipotong rapi dan berbagai jenis daging-dagingan. Semuanya akan ditemani oleh salad, buah-buahan, dan saus. Rumornya, tradisi ini justru kemungkinan besar diambil dari Indonesia lho.

Brazil
Di Brazil, hidangan malam Natal benar-benar diadakan dalam skala besar, dalam arti makanan yang dihidangkan benar-benar jumlahnya banyak sekali! Sayuran segar, buah-buahan, dan kacang Brazil biasanya merupakan makanan wajib di malam Natal, ditemani dengan nasi yang berwarna-warni, dan piring yang berisi ham, salad segar, dan kalkun panggang. Dessert berupa lemon tart, pai kacang, dan kue cokelat juga biasa melengkapi makan malam Natal mereka.

Italia
Di negara Italia, makan bersama di tengah malam lebih diutamakan daripada pada malam sebelum Natalnya, dan biasanya perayaan makan bersama untuk hari Natal diadakan sebanyak dua kali, yaitu pada malam sebelum Natal (Christmas Eve) dan pada hari Natalnya. Biasanya makanan yang dihidangkan berupa sup yang terbuat dari pasta, seafood, pasta, sejumlah besar salad, dan Capitone (belut bakar). Ada 3 macam dessert tradisional Italia yang juga biasanya dihidangkan: panforte (roti jahe), torrone (permen nugat) and panettone (kue buah-buahan).

Jerman
Makanan utama Natal di Jerman biasanya adalah angsa atau ikan panggang, walaupun babi atau bebek juga biasanya dihidangkan. Makanan-makanan utama tersebut biasanya ditemani oleh kentang panggang dan berbagai macam kol. Di beberapa wilayah Jerman, makan malam Natal diadakan pada hari Natalnya daripada malam sebelum Natal. Biasanya makanan yang disajikan lebih sederhana, yang terdiri dari sosis atau salad makaroni.

Zimbabwe
Hidangan dalam jumlah besar disajikan sebagai hidangan Natal di negara Zimbabwe, dan biasanya dipersiapkan oleh sejumlah wanita yang tergabung dalam komunitas tertentu, atau mereka yang tergabung dalam gereja-gereja tertentu. Makanan yang disajikan biasanya berupa daging kerbau atau kambing panggang, roti dengan selai, dan bubur yang terbuat dari tepung tapioka.

Itulah sebagian tradisi makan malam Natal di beberapa negara. Bagaimana dengan di Indonesia sendiri?

Indonesia
Menurut pengamatan yukmakan, ada beberapa restoran atau hotel yang menyediakan paket makan malam Natal untuk keluarga dengan berbagai hidangan yang jenisnya benar-benar bervariasi, mulai dari Chinese food sampai western food. Bahkan sajian makan malam Natal sudah bisa dibeli di beberapa supermarket besar di kota-kota besar di Indonesia yang menyediakan hidangan Christmas dinner gaya western yang siap saji. Akan tetapi, sebagian besar rupanya memilih untuk memasak sendiri hidangan Natal mereka, baik berupa makanan favorit di keluarga masing-masing, maupun hidangan khas western dan makan malam tersebut biasanya dinikmati sebelum atau sesudah kegiatan beribadah. Ada juga yang merayakan makan bersama keluarga di siang hari pada hari Natalnya lho.

Berikut beberapa penampakan makanannya, jangan pada ngiler yah

Christmas Pudding:


Choux:


Steak:


Seafood Platter:


Log Cake:


Tartlets:


Appetizer:


Coconut Cake:


Bagimana dengan kamu sendiri? Bagaimana kamu menikmati hidangan Natal bersama keluargamu? Apapun bentuknya, selamat menikmati malam Natal bersama keluarga tercinta dengan makanan favorit kalian.


Sumber : http://www.smartnewz.info/2011/12/tradisi-hidangan-natal-di-berbagai.html

Poskan Komentar

Cari Artikel di Label Blog Ini

Anime (8) Anti Virus (30) Ayo Dance (12) Browser (25) Food (7) Games (56) Hacker (14) Knowledge (487) Media Player (18) Misteri (82) Ninja Saga (41) Other (127) Pendidikan (127) Point Blank (335) Serba 7 (59) Sofware (161) Tips (179) Tips Blog (44) Tips Komputer (26)